product_menu_coilbar

PT Multi Steel Diluch Memproduksi CD Bar dengan Kualitas Baik

PT Multi Steel Diluch memproduksi CD Bar atau juga dikenal dengan Cold Drawn Bar dengan teknik Cold Drawing.

Teknik Cold Drawing terdiri dari tiga jenis utama, yaitu

logo:

    1. Tube Drawing
      Teknik tube drawing digunakan untuk mengecilkan diameter dalam dan diameter luar pipa, sedangkan peningkatan panjang pipa dan ketebalan dinding pipa tetap konstan. Teknik ini juga menghasilkan permukaan pipa yang halus, berkualitas tinggi dan dengan dimensi yang tepat. Teknik tube drawing biasanya digunakan untuk membuat pipa tanpa sambungan. Bahan dasar yang digunakan adalah dalam bentuk pipa sehingga kualitas pipa yang dihasilkan memiliki permukaan yang halus, berdinding tipis dengan tingkat akurasi yang tinggi dan memiliki daya tahan yang kuat.
    2. Bar Drawing
      Teknik bar drawing menghasilkan perampingan penampang dan pemanjangan batang besi. Bar Drawing memiliki konsekuensi timbulnya strain. Pada proses ini, pengerasan pada umumnya dilakukan secara bertahap. Proses bar drawing biasanya diikuti dengan proses annealing jika reduksi pada penampang melebihi 30-50%. Untuk mencapai ukuran atau bentuk tertentu sehingga harus melalui die kecil atau medium, proses annealing mungkin diperlukan.

Wire Drawing

      Teknik ini telah lama digunakan untuk memproduksi kawat yang dapat digulung dengan melalui serangkaian die untuk mengecilkan ukuran, sedangkan volume kawat tetap konstan. Die terbuat dari beberapa bahan seperti tungsten carbide atau berlian (die nib). Proses Wire Drawing sama dengan Bar Drawing, hanya saja wire drawing menggunakan ukuran penampang yang lebih kecil, dan diproses secara terus menerus melalui beberapa die. Jika yang dibutuhkan adalah kawat yang lunak, maka proses annealing perlu dilakukan dengan cara mengontrol suhu setelah proses drawing terakhir.

 

Proses Cold Drawing

Berikut ini adalah tahapan proses Cold Drawing yang dilakukan oleh PT Multi Steel Diluch untuk menghasilkan CD Bar.

  1. RAW-STOCK
    Bahan yang digunakan biasanya adalah batang besi panas. Pada umumnya batang besi panas memiliki permukaan yang kasar serta bersisik dan memiliki berbagai macam ukuran dan bentuk, karena dihasilkan pada suhu tinggi.
  2. CLEANING
    Abrasive scale (iron oxide) yang terdapat pada permukaan besi dibersihkan terlebih dahulu.
  3. COATING
    Permukaan besi dilapisi dengan pelumas untuk membantu memudahkan proses Cold Drawing.
  4. POINTING
    Beberapa inci dari ujung batang besi diperkecil dengan menggunakan teknik swaging atau ekstruding sehingga batang besi tersebut dapat melalui drawing die.
  5. DRAWING
    Pada proses ini, bahan akan dibentuk pada suhu kamar. Ujung besi yang telah dikecilkan sebelumnya dimasukkan ke dalam die. Kemudian ditarik hingga semua bagian yang belum dikecilkan melewati alat tersebut.. Hasilnya, ukuran besi menjadi lebih kecil dan lebih panjang.
  6. FINISHED PRODUCT
    Besi yang telah melalui proses Cold Drawing kemudian digosok untuk finishing.
  7. MULTI-PASS DRAWING
    Proses Cold Drawing yang menginginkan hasil akhir dalam berbagai bentuk dan ukuran akan membutuhkan proses Drawing yang berkali-kali untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Proses tersebut dinamakan dengan Multi-Pass Drawing.
  8. ANNEALING
    Perlakuan panas biasanya digunakan untuk melunakkan material yang akan dibentuk, di mana proses ini akan mengubah struktur mikro dan sifat mekanik dan karakteristik besi sesuai dengan hasil akhir yang diinginkan. Proses ini bisa berlangsung sebelum, selama, atau setelah proses pembentukan (drawing) dilakukan tergantung kepada karakteristik yang diinginkan untuk hasil akhir.

PT Multi Steel Diluch menyediakan berbagai macam jenis CD Bar yang terbagi-bagi dalam Grade dan Size yang berbeda-beda. Grade dan Size yang dipilih tergantung daripada kebutuhan konsumen. PT Multi Steel Diluch menjalin kerjasama dengan beberapa negara Asia di dunia untuk menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia yang mementingkan kualitas baja terbaik.