product_menu_barbar_2

Apa itu teknik Cold Drawing dan bagaimana prosesnya?

CD Bar diproses dengan teknik Cold Drawing. Teknik Cold Drawing adalah suatu proses menyusutkan diameter logam, memotong dan meluruskan logam berukuran panjang menjadi batang baja koil atau batang baja bulat. Cold Drawing adalah proses pembentukan secara plastis dari logam sepanjang porosnya pada kondisi dingin, dimana sepotong logam tersebut dimasukkan melalui satu atau serangkaian alat (die), sehingga mengurangi ukuran penampang asli. Proses Cold Drawing menghasilkan produk akhir berupa baja, tembaga, aluminium bar serta kawaat dengan dimensi yang konsisten, sekaligus memiliki daya rentang yang baik dan harus memenuhi spesifikasi baik secara fisik maupun mekanik. Permukaan yang dihasilkan bersih dan bebas dari sisik atau cacat.

product_menu_coilbar_2

Terdapat suatu platform yang digunakan untuk menjaga alat agar tetap pada tempatnya selama proses Cold Drawing dijalankan. Tempat ini memiliki sisi feed-in dan sisi feed-out. Sisi feed-out terdiri dari platform roller panjang, digunakan untuk memaksa logam untuk melalui serangkaian alat. Logam ini dimuat ke sisi feed-in. Salah satu ujung dari stok logam mengecil ukurannya sehingga dapat melalui alat (die) dengan sempurna. Sebuah silinder hidrolik atau winch kemudian digunakan untuk menarik logam melalui die menuju ke feed-out.
CD Bar umumnya digunakan untuk pembuatan komponen otomotif, komponen elektronik, komponen mesin, dll.
Teknik Cold Drawing digunakan dalam pembuatan kawat tembaga dan kawat listrik rumah tangga, serta struktur baja dan pipa industri. Ada tiga jenis utama dari teknik Cold Drawing sebagai berikut :

  1. Tube Drawing
    Teknik Tube Drawing adalah suatu proses pembentukan yang secara bersamaan mengurangi diameter dalam (ID) dan diameter luar (OD), sekaligus memperpanjang pipa. Ketebalan dinding pipa tetap konstan
  2. Bar Drawing
    Teknik Bar Drawing adalah suatu proses mengurangi penampang logam asli sekaligus meningkatkan panjangnya. Lebar atau tinggi dari logam asli mungkin tetap konstan, meskipun biasanya kedua dimensi tersebut berkurang.
  3. Wire Drawing
    Teknik Wire Drawing adalah proses mengecilkan diameter batang kawat. Wire Drawing menurunkan komposisi diameter luar kawat sekaligus memperpanjang kawat. Wire Drawing biasanya memerlukan beberapa langkah untuk mengecilkan diameter kawat menjadi ukuran yang diinginkan. Dies yang digunakan dalam Wire Drawing biasanya terbuat dari tungsten carbide atau berlian.

PT Multi Steel Diluch, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri baja menyediakan berbagai macam jenis CD bar yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Grade dan ukuran yang tersedia sangat bervariasi untuk menjawab kebutuhan konsumen yang beraneka ragam. PT Multi Steel Diluch telah berdiri sejak 5 tahun yang lalu dan terus mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan dengan bekerjasama dengan para supplier dari Taiwan, Vietnam, Korea, China dan India.

Leave a comment